Prota dan Promes Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Program Tahunan dan Pogram Semester Kelas 6 Semester 1 K 13 Revisi 2018. Sahabat guru terima kasih atas kunjungannya, kali ini saya akan berbagi kelengkapan administrasi pembelajaran Kurikulum 2013 untuk kelas 6 SD/MI. Yang akan saya bagikan pada kesempatan ini adalah Program Tahunan dan Program Semester Kurikululm 2013 untuk kelas 6 SD/MI sesuai revisi tahun 2018.

Prota dan Prosem Kelas 6 Semester 1 K 13 Revisi 2018


Program Tahunn tematik ini dibuat untuk satu tahun yang terdiri dari 9 tema, sedangkan untuk Program Semester dibuat untuk satu semester, yaitu semester 1 yang terdiri dari 5 tema. Yaitu:
  1. Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
  2. Tema 2 : Peratuan dan Perbedaan
  3. Tema 3 : Tokoh dan Penemuan
  4. Tema 4 : Globalisasi, dan
  5. Tema 5 :  Wirasusaha

Untuk Program Semester dilengkapi dengan Kompetensi Dasar tiap muatan pelajaran setiap pembelajaran, Sub Tema, dan Tema nya, sehingga memudahkan guru untuk mengontrol KD mana dari muatan pelajaran mana yang akan dilaksanakan pembelajarannya. 

Program Tahunan merupakan program pembelajaran yang dibuat guru pada awal tahun pelajaran untuk satu tahun pelajaran. Program Tahunan disusun untuk menentukan Minggu Belajar Efeketif dan Minggu Tidak Efektif, Kemudian dianalisis berapa minggu efektifnya untuk menentukan banyak Jam Belajar Efektif. Untuk SD satu jam pelajaran adalah 35 menit. SEtelah diketahui MInggu efektif dan tidak efektif selanjutnya dibuat Program Semester.


Program Semester merupakan program pembelajaran yang dibuat untuk satu semester dan merujuk pada Program Tahunan. Program Semester berisi alokasi waktu tiap pembelajaran (PB). Pengalokasian waktu sesuai dengan hasil perhitungan pada program tahunan.


Dari Program Tahunan guru mengalokasikan waktu pada setiap pembelajaran dan Kompetensi Dasar setiap mapel pada silabus. Dan nantinya merupakan rujukan dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Berikut adalah link untuk mengunduh PROTA  dan PROMES Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang dibagikan secara gratis.

Demikian yang bisa dibagikan untuk sahabat guru tentang PROTA dan PROSEM kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018, semoga bermanfaa't.

Salam Edukasi

Posting Komentar

[blogger][pacebook][disqus]

MKRdezign

{facebook#http://facebook.com} {twiter#http://twiter.com} {google#http://google.com} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh alacatr. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget